Senin, 03 Oktober 2011

JUDUL : ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI KERETA API EKSEKUTIF GAJAYANA MALANG

TUGAS : ANALISIS JURNAL
MATA KULIAH : METODE RISET
ANALISIS JURNAL : 3

TEMA:KEPUASAN PELAYANAN TENTANG TRANSPORTASI KERETA API
JUDUL : ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI KERETA API EKSEKUTIF GAJAYANA MALANG
PENGARANG: Pandji Saputro (2010)
TAHUN : 2010
PENDAHULUAN
Dalam sebuah negara terdapat masalah yang begitu menyita perhatian pemerintah dari tahun ke tahun entah mungkin dari sektor ekonomi,pelayanan jasa publik dan yang lainya , Ini menawarkan layanan mungkin atau mungkin tidak sesuai dengan preferensi pengguna, yaitu c1tizents. Layanan publik yang ditawarkan kepada pelanggan berdasarkan pada hubungan agen ganda utama, yaitu pemerintah warga negara, dan operator pemerintah, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara prefrences pelanggan, kepuasan pelanggan, dan segmen pelanggan.
Latar belakang masalah:.
Negara yang maju terlihat dari sistem transportasinya yang bagus, sedang negara kita sepertinya malah mengarah ke pengembangan mobil pribadi yang terlihat dari pembangunan jalan dan angkutan umum yang jeblok jelas Drs. Suripno MSTr, direktur keselamatan transportasi darat Departemen Perhubungan. Drs. Suripno MSTr, dahulu di Palembang ada sistem transportasi sungai yang lengkap dengan rambu-rambu ditepian juga dilengkapi kapal kerja yang memantau lalu lintas air. di Madura ada kereta api, di Surabaya dan Jakarta pernah ada trem yaitu kereta di tengah jalan raya yg konsepnya diadopsi dari Amsterdam, tapi kini semuanya telah lenyap
Dalam suatu negara jasa pelayanan publik untuk masyarakat adalah hal penting yang diperhatikan, Jasa pelayanan publik terutama yang berkaitan dengan kepentingan seluruh masyarakat negara tersebut. Namun demikian, seringkali jasa pelayanan publik tersebut khususnya pemerintah yang bertanggung jawab dalam hal ini lambat dalam memahami kebutuhan konsumen . Salah satu sektor jasa penting yang disediakan oleh pemerintah adalah jasa transportasi.Transportasi adalah masalah umum yang sering terjadi pada negara berkembang tak terkecuali pada negara maju hal ini sering timbul. Pengurangan investasi dalam prasana transportasi mempunyai dampak terhadap tidak terpenuhinya kapasitas dan kualitas pelayanan mobilitas ekonomi dan mengecilnya atau hilangnya peluang bisnis dan industri transportasi itu sendiri.

1.2 Rumusan Masalah:
Namun daiam kondisi krisis sekarang ada dua sisi yang harus dipahami dalam pengoperasian angkutan.
#Dewasa ini pemerintah masih berkepentingan untuk menetapkan tarif bagi angkutan kelas ekonomi. Sedangkan tarif untuk kelas di atas itu sudah diserahkan kepada para operator.
#Para operator transportasi ini harus bisa hidup, yang tentu saja bersumber dari pendapatan.
Tujuan Penelitian
• Mengetahui kebutuhan yang diinginkan pengguna jasa pelayanan transportasi kereta api Eksekutif Gajayana Malang
• Mengetahui tingkat kepuasan total pengguna jasa menurut frekuensi penggunaan
Kerangka Pemikiran
Kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi Kereta api mengingat kereta api sebagai salah satu alat transportasi yang disenangi masyarakat karena mempunyai resiko kecelakaan yang relatif rendah. Bagi pengelola jasa angkutan, kereta api mempunyai keunggulan, seperti hemat bahan bakar, rendah polusi, hemat penggunaan lahan.
HI : kebutuhan konsumen pada perbedaan tingkat kepuasan pengguna jasa
H2: kebutuhan konsumen pada perbedaan dalam mengevaluasi tingkat kualitas pelayanan yang sama.
H3: kebutuhan konsumen pada perbedaan dimensi kualitas jasa pendorong kepuasan.

METODOLOGI
Dalam melakukan penulisan ini penulis menggunakan beberapa metodologi,tujuannya agar apa yang penulis tulis bisa dibuktikan kebenaranya dan Untuk alasan inilah mengapa metodologi menjadi langkah yang amat penting dalam penelitian ini.
Objek penelitian.
Dalam hal ini peneliti mangambil objek penelitian pada pengguna jasa pelayanan transportasi Kereta Api Eksekutif Gajayana Malang, PT KAI Persero adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada jasa pelayanan transportasi Kereta Api yang ada di Indonesia.


Metode Pengambilan Data
Untuk melakukan penelitian ini penulis mendapatkan data dengan menggunakan berbagai cara,data didapat dengan menggunakan Teknik Sebagai berikut;
1.Penelitian lapangan.
• Kuisioner:Proses pengumpulan data dengan kertas sebagai medianya yang tentu saja didalamnya telah diberi beberapa buah pertanyaan untuk diisi oleh responden
• Wawancara:Proses pengambilan data secara langsung terhadap responden dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tema secara tatap muka.
• Observasi:pengambilan data dengan pengamatan langsung terhadap objek penelitian.
2.Kepustakaan
Cara ini dimaksud penulis untuk mendapatkan informasi yang relevan dan teoritis yang diperoleh melalui jurnal-jurnal yang berkaitan dengan penulisan, buku-buku, atau artikel yang berkaitan dengan tema.

HIPOTESIS
HO: Konsumen kurang merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan PT KAI
HA: Konsumen terpuaskan terhadap pelayan yang di berikan PT KAI.

ANALISA
Dalam penulisan ini penulis menggunakan beberapa Alat analisa untuk membantu kelancaran dalam penulisan.
@Analisis Deskriptif
@Metode ini bersifat menjelaskan (explanatory research)
populasi: mencakup konsumen yang berusia diatas 18 tahun dan telah menggunakan jasa angkutan kereta Api Gajayana kurang lebih selama 1 tahun.
Sampel: minimal 100 responden dengan tujuan agar memenuhi asurnsi minimal jumlah sampel dalam pemodelan structural equadon model

@Analisa kuantitaif.
Variabel tidak bebas (Y) adalah kesetiaan merek yang diukur melalui atribut, habitual behaviour, switching cost, liking of the brand, dan commitment. Variabel bebas (X) adalah kepuasan konsumen yang dikelompokkan menjadi X1 = Attributes related to the product, X2 = Attributes related to the service, X3 = Attributes related to the purchase Model statistika yang dipakai untuk menyatakan hubungan kausal antar kedua variabel di atas adalah model regresi berganda ;
Y = β0 + β1X1 + β2 X2 + β3X3 + ε .
Uji Skala likert dengan menggunakan variabel X dan Y.
Rumus :
TKi = Xi* x 100%
Yi
Ket: Tki=tingkat kesesuaian responden
X=Skor penilaian kinerja perusahaan
Y=Skor penilaian kepentingan pelanggan
K ESIMPULAN
Dikarenakan masalah yang sering dialami bagi pengguna jasa transportasi khususnya Kereta Api yaitu tarif yang ditetapkan oleh penyedia jasa pelayanan kereta Api yaitu PT KAI,namun bukan tanpa alasan mengapa tarif tersebut dinaikan oleh perusahaan yaitu dikarenakaan kenaikan harga BBM yang tentunya berimbas keseluruh sector.

SUMBER: WWW.GOOGLE.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar